Perkembangan E-Commerce

|

Perkembangan E-Commerce

Perkembangan E-commerce di Indonesia harus didesain sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai penunjang kemajuan perekonomian Indonesia. Model pembangunan Indonesia ‘One Stop Shopping’ sebagai sarana untuk memasarkan usaha kecil dan menengah di Indonesia ke dunia luar melalui Internet haruslah mengerti berbagai pengalaman tentang manusia (human psychology) untuk menarik minat konsumen. Penggunaan Intelligent Agent dalam Indonesia ‘One Stop Shopping’ diharapkan dapat lebih menarik perhatian konsumen untuk melakukan transaksi perdagangan.

E-commerce adalah suatu sarana untuk memudahkan bagi siapa saja untuk mendapatkan kebutuhannya. Standardisasi mutu sangat dibutuhkan karena transaksi bisnis dapat berlangsung tanpa pembeli melihat langsung komoditas/produk yang ditawarkan. Bahkan bentuk dan mutu produk tersebut kadang-kadang hanya dideskripsikan dalam bentuk tulisan pernyataan analisa mutu atau disampaikan secara lisan.


Pendahuluan

Kemunculan Internet telah membuat perubahan yang sangat besar terhadap lingkungan kita. Sebagai suatu teknologi, Internet merupakan penemuan dalam sejarah manusia yang memiliki potensi untuk melakukan banyak perubahan, cara bekerja, cara belajar, cara bermain, dan cara berbisnis. Internet telah mentransformasikan industri teknologi informasi dari suatu kumpulan oligopoli menjadi suatu ekosistem yang beragam.

Perkembangan Internet telah membuat perubahan terhadap lingkungan bisnis dengan menciptakan transformasi bisnis yang fundamental yang tercipta dari konvergensi antara C-C-C (Computer - Communications - Content/Knowledge), yaitu dengan munculnya electronic commerce .Electronic commerce sebagai sebuah sistem yang merupakan gabungan antara marketing, computer, communication dan content membukakan jalan baru bagi suatu perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan, pemasok dan mitra usahanya dengan membentuk ulang pandangan tradisional tentang pasar dan lingkungan bisnis perusahaan. E-commerce sebagai bagian dari teknologi yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu juga dapat memenuhi kebutuhan perdagangan modern dengan efisien, meliputi transaksi perdagangan yang lebih cepat, lebih sederhana, lebih luas dalam jangkauan dan lebih murah, yang sangat diperlukan dalam membantu menekan biaya produksi dan meningkatkan kecepatan pengiriman produk sampai ke pasar atau pelanggan.

Hadirnya E-commere serta kemajuan teknologi informasi menuntut Indonesia untuk mampu memanpaatkan teknologi tersebut bagi kemajuan perekonomian Indonesia. Karena peran sektor perdagangan sangat penting dalam peningkatan kemampuan ekonomi dan kompetisi, maka transformasi proses dan mekanisme perdagangan menjadi sangat penting dan vital.Dengan pembentukan Indonesia ‘One Stop Shopping’ diharapkan Indonesia dapat mencapai kondisi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dimana sektor perdagangan memegang peranan penting.

Internet dan E-commerce

Internet merupakan jaringan raksasa yang menghubungkan semua komputer di seluruh dunia. Kemunculan Internet di awali pada 1969, ketika ARPA (Advanced Research Project Agency), Departemen Pertahanan Amerika, memperkenalkan ARPAnet. ARPAnet merupakan jaringan riset dan pertahanan yang dibuat untuk riset sistem jaringan dan komunikasi, yang pada waktu itu diadakan riset untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.

Kehadiran Internet membuat perubahan yang sangat besar terhadap lingkungan kita, ketika pada 1991, Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya yang membentuk jaringan tersebut. Program inilah yang disebut World Wide Web (WWW). Dibandingkan dengan media penyebaran informasi lainnya, Internet dan WWW memperlihatkan waktu yang paling cepat untuk menyebar hingga 10 juta konsumen.

Berkembangnya Internet serta ditemukannya Web telah mendorong berkembangnya bisnis melalui Internet. Berbagai macam istilah baru bermunculan sebagai perwujudan munculnya model-model bisnis baru dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini. E-commerce, e-business, e-corp, e-government, e-publish, m-commerce, dan masih banyak istilah lain yang terus bermunculan. Transaksi dan pertukaran informasi dari model-model bisnis baru ini juga memunculkan banyak istilah baru, B2B (Business to Business), B2C (Business to Customer), C2C (Customer to Customer), C2B (Customer to Business), G2C (Government to Costumer), dan G2B (Government to Business) .E-commece sebagai bagian model bisnis baru dengan menggunakan teknologi informasi dan telekomunikasi telah memberikan pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan tata sosial dan ekonomi masyarakat. E-commerce telah menjadi bagian yang penting dari sektor bisnis khusus (private) dan umum (public) (Purbo. Definisi E-commerce bisa ditinjau dari lima perspektif, yaitu : on-line purchasing, digital communication, service, business process, dan market of one perspective.

Keuntungan yang bisa diambil dengan adanya E-commerce, yaitu :

1. Revenue stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan, yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
2. Meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
3. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
4. Melebarkan jangkauan (global reach).
5. Meningkatkan customer loyality.
6. Meningkatkan supplier management.
7. Memperpendek waktu produksi.
8. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 ~Ngang-Ngong~ | Template Blue by TNB